Bagimana Prosedur Desain R3 Studio?

Untuk memulai proses desain bersama kami, perlu kami informasikan bahwa ada beberapa tahapan dalam memulainya. Secara garis besar, tahapan tersebut dibagi menjadi 4 tahap :

Pada tahap ini, klien memberikan data-data awal pada kami, di antaranya:
– Ukuran dan bentuk lahan. Bisa disertakan foto bentuk lahan yang termuat dalam sertifikat.
– Denah bangunan (untuk pekerjaan renovasi)
– Arah hadap lahan
– Tetangga lahan di samping kanan, kiri, dan belakang
– Kontur tanah
– Aturan Koefisien Dasar Bangunan setempat beserta aturan lain dari pihak yang berwenang.
– Kebutuhan ruang
– Foto-foto pendukung

Apabila klien menghendaki adanya survey lokasi, biaya akomodasi dan penginapan dibebankan kepada klien untuk tim survey minimal 2 orang.

Pada tahap ini, kami membuat perkiraan luasan ruang berdasar informasi pada tahap 1.

Besaran tiap ruang mengacu kepada standar kenyamanan global atau sesuai request dari klien.

Dengan estimasi luasan ruang secara keseluruhan, maka total luas bangunan dapat diketahui. Sehingga akan didapatkan fee desain yang sesuai.

Setelah fee desain disepakati, maka tahap selanjutnya adalah memulai proses pengerjaan desain. Sebelum memasuki tahap desain, kami akan mensurvey lokasi site yang akan dibangun untuk mendapatkan data akurat apabila lokasi site berada di wilayah DIY dan sekitarnya.

Tahap pengerjaan dan pembayarannya adalah sebagai berikut:
Termin 1 sebesar 30% – DP
Untuk memulai tahap pengerjaan desain, klien wajib membayarkan DP sebesar 30% dari total biaya desain. Kami akan membuat gambar denah awal sesuai kebutuhan Anda. Pengerjaan gambar denah ini memakan waktu 1-7 hari kerja. Setelah kami serahkan, anda bisa mengoreksi dan menyampaikan pada kami apabila denah belum sesuai seperti yang anda kehendaki. Kami akan merevisi gambar denah tersebut dengan batas maksimal revisi sebanyak 2 kali.

Termin ke 2 sebesar 40%
Setelah gambar denah jadi dan fix tidak berubah lagi, Anda wajib membayarkan termin berikutnya sebesar 40% dari total biaya desain untuk memulai pengerjaan gambar 3D Tampak Luar Bangunan. Kami akan membuat gambar 3D tampak luar bangunan non render dan akan kami serahkan kepada Anda. Sama prosesnya dengan gambar denah, Anda bisa mengkoreksi apabila gambar desain 3D belum sesuai seperti yang anda kehendaki. Revisi untuk perubahan desain 3D ini maksimal sebanyak 2x.

Termin ke 3 sebesar 30%
Setelah gambar 3D Tampak Luar Bangunan jadi dan fix tidak berubah lagi, Anda wajib membayar termin berikutnya sebesar 30% dari total biaya desain untuk memulai pengerjaan Gambar Kerja dan RAB. Pengerjaan gambar DED dan RAB akan memakan waktu 7-14 hari kerja. Dalam tahap ini tidak ada lagi revisi, karena gambar DED adalah penerjemahan dari gambar desain.

Setelah semua produk jadi, kami akan mengirimkan semua produk secara online via email. Kami tidak memberikan file mentah untuk produk apapun. Apabila klien menghendaki untuk hardcopy, maka akan dikenakan biaya cetak dan jilid sebesar yang tertera dalam invoice hardcopy.

Apabila klien berada di luar kota, print out tersebut akan kami kirimkan. Biaya kirim disesuaikan dengan lokasi klien dan ditanggung oleh klien.

Untuk optimalisasi hasil desain, kami menetapkan untuk setiap desain yang masuk memiliki nilai minimal sebesar Rp 2.500.000,00.