Polusi di dalam ruangan baik di dalam rumah maupun di kantor, secara tidak langsung dapat meningkatkan risiko penyakit infeksi pernafasan. Salah satu solusi untuk meminimalisir polusi yaitu dengan adanya taman.

Mengapa taman? Karena keberadaan tanaman di rumah sangat penting, salah satunya sebagai pembersih udara. Tanaman dapat membantu menghilangkan polusi ruang yang berasal dari senyawa berbahaya, bahan bakar, perabotan, dan pakaian. Tidak hanya itu saja, selain menambah estetika rumah, membuat lebih nyaman di rumah, taman juga bisa meningkatkan produktivitas hingga 38%.

Baca juga: Rumah Minimalis Industrial DH Hus – Ungaran, Semarang, Jawa Tengah

Berikut beberapa desain taman dalam rumah di lahan sempit yang dapat menjadi inspirasi.

  1. Taman Menyatu dengan Ruang Keluarga

Sumber : i0.wp.com

Memiliki taman dalam rumah yang terletak di ruang keluarga atau ruang makan adalah impian. Tidak hanya membuat suasana lebih segar tetapi membuat ruang tersebut semakin indah, bahkan membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama.

Hutan mini bernuansa tropis bisa jadi pilihan desain taman dalam rumah, pilih tanaman tropis seperti pisang hias, agave, dan palem yang mudah perawatannya.

  1. Taman Di Bawah Tangga

Sumber : blogspot.com

Jika ruang di bawah tangga tidak digunakan, Anda dapat mengubahnya menjadi sebuah taman bergaya minimalis. Maksimalkan ruang tersebut menjadi area taman menarik, . jangan lupa memikirkan Tutup permukaannya dengan batu dan untuk mempercantik Anda dapat menambahkan accent lighting.

3.Taman Nempel Di Dinding

Sumber : www.casaindonesia.com

Anda juga dapat memanfaatkan dinding rumah menjadi taman vertikal, namun pastikan sisi dinding yang digunakan terpapar sinar matahari yang cukup, supaya tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Dengan begitu menambahkan kesan estetika yang menarik.

Baca juga: Rumah Tropical Modern BDY House – Tasikmalaya, Jawa Barat

  1. Taman Di Balkon

Sumber : cdn-cms.pgimgs.com

Anda dapat memaksimalkan ruang balkon menjadi taman mini. Balkon memiliki lahan yang terbatas, maka perlu diperhatikan dalam memilih tanaman, biasanya tanaman yang digunakan di area balkon berukuran kecil dan berjenis semak-semak. Anda dapat menanam berbagai macam tanaman seperti sirih gading, tapak dara, lidah mertua ataupun tanaman bunga yang diletakkan di dalam pot. Untuk menambah sentuhan unik Anda dapat memasang pot gantung dan menyediakan meja dan tempat duduk untuk bersantai.

  1. Taman Di Ruang Kerja

Sumber : I.pinimg.com

Mendekorasi ruang kerja Anda dengan tanaman dapat meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas. dapat menggunakan rak dinding kayu dan menyusun pot-pot tanaman dengan cantik. Dijamin ruang kerja di rumah akan tampak lebih hangat dan segar, seperti inspirasi memukau.

  1. Taman Foyer

Sumber : i.pinimg.com

Foyer adalah ruang transisi di dalam rumah, antara teras dengan ruang tamu atau teras dengan ruang keluarga. ruang foyer dengan taman kecil di dalamnya pasti jauh lebih menyenangkan dan menarik perhatian orang yang singgah di rumah Anda. tanaman dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih segar dan positif.

Baca juga: Perumahan Modern Tropis FAY Residence – Demak, Jawa Tengah

7. Kamar Mandi

Sumber : rumahoscarliving.com

Kamar mandi dapat menjadi salah satu pilihan anda dalam menghadirkan taman Indoor. Kelembapan yang cukup pada kamar mandi akan mempermudah anda dalam merawat tanaman, hal ini karena anda tidak perlu mengairi tanaman secara rutin, namun anda harus mempertahankan kelembapan yang ada pada kamar mandi.