Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih akrab dikenal dengan Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu provinsi yang terdapat di selatan pulau Jawa yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia dan Provinsi Jawa Tengah. Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai Kota Wisata dan Kota Pendidikan, sebagian besar penduduk kota Yogyakarta merupakan pendatang yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, banyak juga warga mancanegara yang tinggal di Kota Yogyakarta dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

Baca juga: Rumah Minimalis SSN House – Bontang, Kalimantan Timur

Banyaknya pendatang yang datang ini menjadi peluang bagi warga Jogja untuk membuka berbagai macam lahan bisnis yang menguntungkan diantaranya bisnis kuliner, oleh-oleh, wisata/tour and travel, persewaan tempat tinggal, persewaan kendaraan dan lain sebagainya. Salah satu bisnis yang jumlahnya semakin banyak di Jogja adalah bisnis properti yakni rumah kos.

Saat ini kebutuhan kos semakin meningkat karena semakin banyaknya juga wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri serta para mahasiswa yang datang ke kota Jogja untuk menuntut ilmu. Pendatang yang ke datang ke Jogja tentunya memiliki tujuan masing-masing dan dalam kurun waktu yang tidak menentu dan dalam kurun waktu tersebut tentunya membutuhkan tempat tinggal yang nyaman, Nah untuk anda yang tertarik mencoba bisnis tambahan sebagai investasi masa depan mungkin anda perlu mecoba bisnis kos-kosan di Jogja. Berikut ini beberapa alasan yang mengapa anda perlu investasi kos di Jogja:

Memberikan penghasilan rutin

sumber: assets.digination.id

Memiliki kos akan memberikan penghasilan rutin pada anda disetiap bulan atau tahunnya, hal ini bergantung pada anda apakah ingin disewakan kos pertahun, per enam bulan atau per bulan. Untuk harga kos perbulan di kota Jogja berkisar antara Rp. 250.000 – 1.500.000 untuk kost eksklusif. Asumsi saja anda memiliki 5 kamar kost dengan harga masing-masing kamar perbulannya Rp. 700.000 rupiah, maka passive income yang anda dapatkan sebesar Rp. 3.500.000 setiap bulannya. Apabila anda memiliki banyak kamar pendapatan ini tentunya bisa lebih besar lagi

Baca juga: Megah dan Asri dengan Konsep Modern Kontemporer – YA KOST, Kost Ekslusif dekat UNNES, Semarang Permintaan kos selalu ada

sumber: infokampus.news

Kota Yogyakarta sebagai sentral pendidikan dan wisata di Indonesia tidak pernah kehabisan pengunjung wisata dan mahasiswa. Setiap tahun ajaran baru ribuan mahasiswa datang ke kota Jogja dan mencari kos di sekitar kampus. Hal ini merupakan peluang yang besar untuk mendirikan kos disekitar kampus, tempat wisata dan kantor.

Kenaikan harga kos

sumber: google

Dalam dunia properti dikenal istilah “capital gain” yakni kenaikan harga dari suatu properti. Bisnis kos ini menjadi investasi yang cukup prospektif dibandingkan rumah atau lahan kosong. Sehingga bisnis kos bisa dijadikan investasi jangka panjang

Membuka peluang usaha baru

Peluang membuka usaha baru, sumber: google

Saat ini banyak sekali kos-kosan yang membuka usaha baru di lingkungan kosnya seperti laundry, toko alat tulis dan fotokopi, ataupun warung makan. Peluang usaha baru ini cukup prospektif karena kebutuhan seperti laundry dan warung makan sangat dibutuhkan oleh anak kos yang hidup di perantauan.

Baca juga: Interior Rumah dan Kost SYRMN House – Manado, Sulawesi Utara

Nah bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membangun kos-kosan sebagai investasi jangka panjang anda? Pastikan anda memiliki lahan dan bangunan yang cukup untuk dijadikan bangunan kos ya!