Warna memiliki aspek psikologi yang dapat memengaruhi suasana hati penghuni rumah. Satu warna punya efek yang berbeda-beda terhadap seseorang. Begitu pula, apabila warna-warna tersebut dikombinasikan. Salah satu efek yang ingin didapatkan adalah atmosfir yang lebih hidup, meriah, tidak membosankan, dan estetik dalam konteks penggunaan warna untuk interior rumah. Dalam mengombinasikan warna, Anda tentunya tidak bisa mencampur sembarang warna dalam satu ruangan. Ada faktor-faktor yang perlu diperhatikan, khususnya estetika supaya ruangan tetap enak dipandang mata dan tidak terkesan norak atau murahan.

Ada banyak cara untuk membuat interior hunian terlihat lebih menawan. Salah satunya adalah dengan menyiasati kombinasi warna, baik itu pada dinding ataupun furniture yang digunakan.

Baca juga : Penerapan Material Kayu Sebagai Interior Rumah – Jasa Desain Arsitek Jogja

Berikut cara-cara mengombinasikan warna-warna interior rumah yang lebih cerah, hidup, dan menarik :

  1. Perpaduan warna Monokrom pada interior kamar tidur

sumber : i0.wp.com

Perpaduan warna monokrom ini akan memberikan kesan modern, maskulin dan juga minimalistik pada ruang kamar. Untuk dinding statement yang kamu beri warna hitam, kamu bisa memaksimalkan dekor dinding interiormu pada sisi dinding ini dan kamarmu bisa terlihat rapi tanpa didominasi warna gelap yang akan memberikan kesan suram pada kamar.

  1. Kombinasi warna putih dan coklat pada Ruang makan

sumber : www.casaindonesia.com

Perpaduan Warna cerah seperti Putih dengan warna coklat dari sentuhan kayu pada desain interior ruang makan dapat memicu selera makan.

Baca juga : Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster – Jasa Desain Arsitek Jogja
  1. Kombinasi interior warna kuning dan Biru pada ruang tamu

sumber : media.rooang.com

Warna biru merupakan warna yang konon bisa meningkatkan kreativitas, kerja keras, dan keberhasilan. Jadi, tidak ada salahnya kan kalau Anda menggunakan warna ini untuk warna utama di rumah. Yang perlu Anda perhatikan, sebaiknya pilih warna biru muda yang membuat ruangan terlihat terang dan luas. Warna biru tua bisa digunakan untuk beberapa bagian seperti moulding dan pintu rumah. Warna kuning dikombinasikan sebagai pelengkap, misalnya sebagai warna furnitur atau aksesoris rumah.

  1. Kombinasi warna putih dan salem

sumber : integreetkonstruksi

Kesan feminin memang identik dengan warna pink, tapi kamu juga bisa mencoba kombinasi warna putih dan salem untuk kesan yang lebih menawan lagi. Kombinasi warna yang lembut dan jarang dipakai ini juga bisa menciptakan kesan yang elegan.

  1. Perpaduan warna pudar dan abu-abu pada kamar mandi

sumber : interiordesign.id

Warna yang pudar dan abu-abu  sangat cocok diterapkan pada kamar mandi, karena memberi kesan nyaman dan tenang. Memadukannya dengan warna putih atau abu-abu akan menambahkan kesan alami yang hangat dan menenangkan.

  1. Penerapan warna coklat dengan putih terang pada interior rumah

sumber : decorunic.com

Cokelat merupakan warna natural yang bersifat netraI namun mampu menghadirkan atmosfer kehangatan pada ruangan. Penerapannya pada ruangan menciptakan suasana yang mengakrabkan dan membuat ruangan terkesan Iebih intim. Wama cokelat sangat cocok untuk digunakan pada ruang berkumpul seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Agar tidak terkesan monoton, skema warna cokelat sebaiknya dipadukan antara cokelat tua, cokelat muda, hingga putih terang.

Baca juga : Tips Mendekorasi Rumah Agar Betah Dirumah Selama Pandemi – Jasa Desain Arsitek Jogja