Kayu merupakan material alami yang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki material lainnya diantaranya memiliki corak dan warna yang khas, memberikan nuansa hangat pada interior rumah, dan memunculkan nuansa natural pada interior rumah. Namun, dalam penerapan kayu sebagai material rumah, perlu diperhatikan dalam pemilihan kayu dan finishing kayu tersebut agar kayu tidak mudah lapuk dan dapat bertahan lama.

Baca juga: Interior Kelas SMK N 1 Temanggung

Terutama pada interior rumah, kayu sering diaplikasikan pada elemen lantai, elemen dinding, elemen plafon, maupun furniture interior rumah juga dapat menggunakan material kayu. Atau bahkan dapat diterapkan secara bersamaan pada elemen – elemen tersebut, namun karena motif kayu begitu kuat untuk mengurangi aksen dari material kayu yang berlebih tersebut dapat diatasi dengan menerapkan warna – warna netral pada furniture, atau jika plafon dan dinding rumah menggunakan kayu maka dinding dapat difinishing dengan warna cat yang netral pula dan dapat juga dengan memasang lampu dengan warna warm white pada ruangan sehingga tercipta keseimbangan dalam ruangan.

sumber : Interiordesignexplained.com

Dalam memilih kayu yang akan digunakan, pilihlah jenis kayu yang cocok sesuai dengan kegunaannya dan pengaplikasiannya pada hunian, kemudian beberapa jenis kayu memiliki warna dan motif yang unik sehingga dapat menjadi nilai lebih jika diterapkan pada interior rumah. Dan gunakan finishing yang sesuai, semisal dengan finishing waterbased yang transparan untuk tetap menampilkan motif yang ada pada permukaan kayu.

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari material kayu :

1. Kayu lebih ramah lingkungan.

2. Kayu merupakan material yang serbaguna (versatile).

3. Kayu dapat menghadirkan nuansa alam pada ruangan (biophilic design) sehingga dapat meningkatkan kenyamanan.

4. Kayu merupakan material tahan lama jika dirawat dengan tepat.

Baca juga: Interior Kost Putri Modern Kontemporer – YA KOST

Sebagai inspirasi dalam merancang desain ruangan anda, berikut beberapa tema yang dapat diterapkan pada interior rumah anda dengan menggunakan material kayu :

1. Tema Skandinavian

sumber : myscandnavianhome.com

Scandinavia cocok dipadukan dengan material kayu yang natural dengan kombinasi warna putih ataupun warna netral lainya. Dengan furniture yang tidak berlebih dan ditambah motif dari corak kayu yang ada memberikan sirkulasi yang tidak sempit dan juga ruangan terlihat lebih luas dan natural dengan perpaduan warna putih dan corak kayu.

2. Tema Minimalis

sumber : design-milk.com

Desain dengan tema minimalis dan menggunakan material kayu dapat memaksimalkan material kayu sesuai dengan fungsinya karena tema minimalis yang mementingkan fungsi. Selain itu, warna yang diterapkan pada ruangan dapat menggunakan warna-warna cerah ataupun gelap dan dengan sedikit aksesoris ataupun profil yang digunakan.

3. Tema Klasik Interior

sumber : timothy-corrigan.com

Penggabungan gaya klasik dengan material kayu pada interior terlihat pada penggunaan furniture ruangan dengan model furniture yang dihiasi dengan profil ataupun dengan ukiran yang ada pada kayu sebagai aksen. Selain itu gaya klasik terlihat pada konsep ruangan yang terlihat penuh, berbeda dengan tema scandinavia ataupun minimalis yang menggunakan furniture sesuai dengan fungsinya saja.

4. Desain Interior Kayu Country

sumber : homedesignlover.com

Desain interior kayu country memadukan material kayu dengan konsep rumah pedesaan gaya Eropa dan Amerika, dengan material kayu yang terlihat menonjol baik itu pada lantai, dinding, ataupun plafon rumah. Selain itu gaya rustic terlihat menonjol dengan material yang terkesan kasar dan memiliki tampilan material seakan – akan tidak difinishing sehingga serat – serat permukaan kayu terlihat.

Baca juga: Renovasi Dapur Kontemporer – Bapak Budi, Tasikmalaya

Sekian ulasan tentang material kayu sebagai interior rumah kali ini, dengan menempatkan material kayu dengan tepat dan memilih jenis kayu yang sesuai akan menghasilkan interior hunian yang unik dan menarik.