Menjaga kebersihan kamar mandi merupakan salah satu pekerjaan rumah yang tidak bisa dilewatkan. Lantai kamar mandi yang kotor dapat menimbulkan penyakit dan bau tak sedap, selain itu lantai kamar mandi yang kotor dapat membahayakan keselamatan pengguna kamar mandi terutama untuk anak-anak dan lansia.

Baca juga: Interior Kost Putri Modern Kontemporer – YA KOST

Lantai kamar mandi perlu segera dibersihkan jika menunjukkan paling tidak satu diantara tanda-tanda ini :

  • Licin karena lapisan lumut sehingga menyebabkan pengguna rawan terpeleset.
  • Lantai berubah warna menjadi kehitaman akibat jamur dan akar jamur lambat laun akan merusak fisik lantai.
  • Lapisan kerak kapur yang menimbulkan sarang bakteri.
  • Timbul banyak kecoa karena mengandung banyak sumber makanan.

sumber: google

Apabila lantai kamar mandi sudah menunjukkan tanda-tanda seperti diatas, maka harus segera diatasi. Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan dan mengatasi lantai kamar mandi agar tidak licin :

1. Bersihkan kotoran yang melekat

Cara yang paling sederhana dengan cara menyikat lantai kamar mandi sesudah digunakan atau paling tidak dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

2. Gunakan cairan pembersih kamar mandi

Agar menghasilkan hasil yang bersih dan mudah maka diperlukan cairan pembersih kamar mandi. Cairan pembersih lantai kamar mandi dapat dengan mudah didapatkan untuk sekarang ini dengan berbagai jenis formula pembersih.

Baca juga: Konsep Rumah Tumbuh dengan Budget Minimalis – AI House

3. Gunakan coca cola/minuman bersoda

Coca cola juga dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi terutama untuk menghilangkan kerak. Caranya sangat mudah, tuang coca cola di lantai maupun ditempat yang berkerak, lalu diamkan semalam dan gosok di keesokan harinya.

4. Gunakan garam

Larutan garam dapat digunakan untuk menghilangkan lumut di lantai kamar mandi maupun di dinding dalam jangka waktu yang lama. Caranya dengan membuat larutan air garam panas, dalam keadaan panas siram ke bagian lantai/dinding yang berlumut lalu sikat hingga bersih. Selain itu garam juga dapat membantu lantai menjadi kesat.

Baca juga: Rumah Lengkung Minimalis dan Low Maintenance di Yogyakarta

5. Gunakan air cuka

Larutkan air cuka ke dalam air dengan perbandingan 50:50, campurkan juga sabun dan detergen. Campur semua bahan lalu siram ke bagian lantai yang berkerak, gosok ke semua bagian hingga bersih. Apabila kerak susah dihilangkan gunakan air cuka tanpa campuran air. Jika sudah bersih bilas dengan air hingga bersih.

6. Gunakan abu gosok

Abu gosok biasanya digunakan untuk membersihkan perabotan dapur seperti stainless. Namun ternyata abu gosok juga dapat menghilangkan kerak di kamar mandi. Caranya dengan menggosokkan abu gosok pada bagian yang berkerak dengan menggunakan kain yang kasar, bilas dengan air sambil terus digosok, ulangi langkah tersebut hingga bersih.

Baca juga: Rumah Modern Kontemporer dengan Open Plan – Danny House

sumber: pinterest

7. Gunakan backing soda

Backing soda merupakan bahan yang ampuh untuk mengusir kerak membandel. Sediakan backing soda sesuai kebutuhan dan air panas, bubuhkan backing soda ke bagian yang berkerak dan percikkan air panas sedikit demi sedikit. Tunggu hingga satu jam lalu gosok sampai bersih.

8. Gunakan karpet anti licin

Beberapa orang yang tak sempat membersihkan kamar mandi akan memasang karpet anti licin. Selain mudah didapat, karpet anti licin juga dipasarkan dengan bentuk dan desain yang beragam, namun pilih karpet anti licin yang kesat. Tapi dengan menggunakan karpet anti licin ini bukan berarti tidak perlu membersihkan kamar mandi lagi, tetap luangkan waktu seminggu sekali untuk mencuci karpet dan membersihkan kamar mandi.