Blok ventilasi udara atau lebih dikenal dengan sebutan roster merupakan partisi atau penyekat antar ruang yang memiliki fungsi utama sebagai lubang sirkulasi udara. Roster sangat cocok digunakan di hunian yang berkawasan tropis, selain untuk menambah estetika ruangan roster juga berperan sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya matahari. Perlu sedikit pengetahuan khusus untuk bisa mendapatkan dinding roster yang kuat dan indah serta efisien, berikut beberapa tipsnya :

  • Perhatikan harmonisasi dengan elemen rumah yang lain
  • Pemilihan ukuran roster
  • Perhatikan tekstur roster
  • Perhatikan arah datang dan tingkat kekuatan angin
  • Perhatikan arah datangnya cahaya matahari
  • Perhatikan kerapatan susunan dinding roster
  • Perhatikan bahan pembuatan roster

Baca juga : Arsitektur dan Desain Kontemporer – Jasa Desain Arsitek Jogja

Untuk Anda yang tertarik dengan pengaplikasian desain roster ini, ada beberapa jenis roster yang dapat Anda gunakan :

Roster Beton

sumber:google

Roster beton ini terkenal lebih kuat daripada jenis roster lainnya. Biasanya roster beton memiliki bagian tengah yang dilubangi yang berfungsi untuk meminimalisir cahaya terik matahari serta menyalurkan udara masuk ke dalam hunian.

Roster Batako

sumber:google

Sekilas tampilan roster batako hampir menyerupai roster beton. Namun harga roster batako ini lebih terjangkau dari roster beton.

Roster Keramik

sumber:google

Roster keramik dapat menampilkan kesan mewah karena efek mengkilap yang dihasilkan. Roster keramik memiliki berbagai jenis pola dan warna yang menarik. Namun harus berhati-hati karena roster keramik rentan pecah.

Roster Tanah Liat

sumber:google

Roster tanah liat ini sudah digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia sejak dulu karena tampilannya yang eksotis dan artistik. Roster tanah liat ini sering diterapkan sebagai pagar. Namun kalian dapat menerapkannya juga dalam desain interior hunian.

Baca juga : Walk In Closet Sederhana untuk Hunian Anda – Jasa Desain Arsitek Jogja

Roster Kayu

sumber:google

Roster kayu ini sangat cocok untuk menampilkan gaya desain rumah yang tradisional. Dapat dijadikan juga sebagai partisi ruangan maupun untuk fasad. Namun roster kayu rawan akan serangan rayap yang dapat membuatnya cepat lapuk.

Roster GRC

sumber:google

Glassfibre reinforced concrete atau GRC merupakan salah satu bahan material yang dapat dijadikan roster yang modern dengan berbagai macam bentuk dan pola. Kelebihan roster GRC ialah kokoh, kuat dan tahan lama.

Berikut beberapa kelebihan dan manfaat yang bisa di dapatkan untuk roster hunian Anda :

  • Roster dapat menjadi siasat untuk mengoptimalkan potensi alam di wilayah tropis

sumber:pinterest

  • Roster dapat menghemat energi

sumber:pinterest

  • Roster memberikan nuansa berbeda pada fasad hunian

sumber:pinterest

  • Roster tidak hanya diterapkan pada eksterior, namun dapat juga diterapkan pada dekorasi interior hunian agar lebih menarik.

sumber:pinterest

Baca juga : Cara Menciptakan Hubungan Indoor dan Outdoor – Jasa Desain Arsitek Jogja