Jasa arsitek rumah tropis kontemporer— Rancang Reka Ruang berhasil menciptakan desain rumah dengan konsep tropis kontemporer. Sebagai jasa arsitek Yogyakarta, kami menyajikan hunian dengan nuansa asri dan modern.

Perumahan Tropis Kontemporer AR House merupakan tipe rumah yang akan dibangun pada perumahan Ahnaf Regency milik Bapak Sutadji, yang berlokasi di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Perumahan ini terbagi menjadi 8 kavling dengan masing-masing luas tanah paling kecil 139 m² dan paling luas 146 m² dengan 1 tipe rumah tinggal.

Baca juga: OASE Mushola Kontemporer di Kawasan Perumahan Farmhouse

Lantaran lokasi lahan perumahan berada di daerah pedesaan dan dekat dengan area persawahan, owner menginginkan konsep hunian dengan nuansa pedesaan yang kental. Salah satunya adalah penerapan konsep open plan pada ruangan. Kita semua tahu bahwa masyarakat di pedesaan erat kaitannya dengan aktivitas berkumpul bersama. Maka pengaplikasian konsep ini akan sangat menunjang aktivitas tersebut, terutama jika ada pertemuan atau hajatan warga.

Kebutuhan Ruang

Perumahan Tropis Kontemporer AR House merupakan hunian 2 lantai dengan total luas 116,5 m², yang mencakup lantai 1 seluas 70,5 m² dan 46 m² luas lantai 2. Rumah ini terdiri dari carport untuk 2 mobil, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan, 3 kamar tidur, 1 kamar tidur ART (Asisten Rumah Tangga), 3 kamar mandi, ruang cuci dan jemur serta area santai.

Konsep open plan kemudian kami terapkan pada ruang keluarga dan ruang makan untuk memaksimalkan luas ruang sehingga dapat mengakomodir banyak orang apabila dijadikan tempat berkumpul.

Baca juga: Rumah Lebar 10 m dengan Banyak Bukaan – Q House

Style Tropis Kontemporer

Rumah ini mengusung style tropis kontemporer dengan banyak bukaan di sisi bangunan. Bentuk atap bangunan menggunakan bentuk limasan dengan tritisan yang lebar untuk mengurangi intensitas tampias air hujan dan sebagai shading dari sinar matahari. Bagian fasadnya menggunakan material conwood dengan cat warna kayu natural untuk mempertegas kesan tropis pada bangunan.

Area teras perumahan kontemporer AR House dibuat luas dan dilengkapi dengan wastafel untuk merespon kebutuhan sarana kebersihan di masa pandemi. Halamannya cukup luas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk taman maupun area bermain anak yang aman dan nyaman. Teras dan halaman langsung bersebelahan dengan carport untuk 2 mobil. Desainnya menggunakan material concrete block yang renggang untuk memaksimalkan area resapan.

Fasad bangunan AR House ini menggunakan kombinasi warna natural dan bukaan dengan kusen berwarna hitam. Pada bukaan lebar di area kamar, terdapat secondary skin berupa roster dengan material GRC untuk mengurangi beban bangunan. Secondary skin ini befungsi untuk mengurangi intensitas sinar matahari sore karena bangunan menghadap ke Barat Daya.

Balkon

Area balkon rumah kontemporer AR House di sisi bangunan saling berhadapan sehingga dapat menjadi sarana berinteraksi antar tetangga- Jasa Arsitek Rumah Tropis Kontemporer. Area ini juga digunakan sebagai akses masuknya cahaya ke lantai 1. Material yang digunakan didominasi warna putih yang dikombinasikan dengan material conwood dan vegetasi. Sedangkan, untuk area bawah balkon dimanfaatkan menjadi akses alternatif yang langsung mengarah ke dapur dan halaman belakang.

Area Terbuka Hijau

Lantaran Owner menginginkan rumah yang memiliki area terbuka, kami kemudian mendesainkan halaman belakang dengan ukuran 6,5 m x 3,36 m. Area ini dapat digunakan sebagai tempat bermain, area resapan air hujan, view dari area ruang keluarga, dan sebagai akses pencahayaan alami agar di seluruh ruangan rumah tetap terang. Material yang digunakan adalah rumput jenis gajah mini, dan dinding semen ekspos dengan akses tali air.

Baca juga: Unik, Rumah Produktif Greenhouse bergaya Industrial Kontemporer – Ko House

Demikian ulasan kami mengenai project perumahan kontemporer AR House di Yogyakarta- Jasa Arsitek Rumah Tropis Kontemporer. Simak dan ikuti terus artikel-artikel kami pada website rancangrekaruang.id