Proyek interior kali adalah sebuah proyek renovasi rumah yang berlokasi di Kalimantan. Kilen kami bernama Bapak Bangkit menghubungi kami dan ingin merenovasi interior rumahnya.

Renovasi rumah Bapak Bangkit ini mencakup perluasan ruang untuk akses dan peninggian leveling lantai di area ruang makan dan ruang tamu. Untuk peninggian level lantai ini dikarenakan pada area ruang makan dan ruang tamu tersebut dulunya mempunyai ketinggian yang lebih rendah dari ruang-ruang lainnya.

Baca juga: Menyatukan Motif Kayu dan Warna Solid pada Desain Interior Rumah di Samarinda, Kalimantan Timur

Terdapat juga renovasi di area tangga, yaitu dengan penambahan beberapa anak tangga untuk mempermudah akses naik ke lantai 2 (dua).

Area yang kami desain interior diantaranya ruang tamu, living room (ruang keluarga), dining room (ruang makan), kitchen (dapur), dan area storage dibawah tangga.

Konsep Interior

Konsep interior renovasi rumah di Kalimantan ini adalah minimalis dan mediterania. Nuansa interiornya, kami desain dengan menggunakan banyak material natural, seperti tekstur kayu, dan rotan. Untuk finishing lantai juga kami desain dengan nuansa tekstur kayu, yaitu menggunakan produk vinyl flooring (lantai vinyl).

Area Dapur

Untuk interior dapur renovasi rumah di Kalimantan ini, kami hanya mendesain kabinet-kabinetnya saja karena pada eksisting sudah ada meja cor beton. Tetapi karena kami rasa layoutnya kurang, kami juga mencoba memperluas area dapur ini sehingga layoutnya menjadi lebih besar dan efisien. Ada yang spesial pada area kitchen ini, yaitu pada salah satu sudut area dimana kami menggunakan pocket hinges (engsel saku).

Interior perpaduan Minimalis dan Mediterania untuk Renovasi Rumah di Kalimantan

Baca juga: Pembangunan Rumah dan Kost Minimalis Kontemporer Bantul

Engsel saku lemari dapur adalah jenis engsel yang digunakan pada pintu lemari dapur. Engsel saku ini dirancang untuk dipasang di bagian dalam lemari dan tersembunyi, sehingga tidak terlihat dari luar ketika pintu lemari dapur ditutup. Hal ini memberikan tampilan yang bersih dan estetis pada lemari dapur. Pengaplikasiannya adalah pada kabinet pojok untuk blender. Pada kabinet ini, pintu untuk blender dibuka dengan cara menggeser kearah samping sehingga mempermudah akses kita tanpa mengganggu space area disekitarnya. Kabinet ini juga bisa kita buka terus menerus ketika alat tersebut kita gunakan.

Interior perpaduan Minimalis dan Mediterania untuk Renovasi Rumah di Kalimantan

Ruang Keluarga

Pada area ruang keluarga ini kami desainkan beberapa furnitur untuk tv, sofa, meja, dan sebuah lemari khusus yang bisa digunakan untuk bekerja, belajar, ataupun menyimpan buku-buku.

Interior perpaduan Minimalis dan Mediterania untuk Renovasi Rumah di Kalimantan

Ruang Tamu

Pada area ruang tamu ini kami desainkan sebuah partisi untuk membatasinya dengan ruang makan untuk menjaga privasi. Partisi ini terdiri dari kisi-kisi dan sedikit aksen dari material frosted glass (kaca buram) agar cahaya alami tetap bisa masuk ke area ruang lainnya.

Interior perpaduan Minimalis dan Mediterania untuk Renovasi Rumah di Kalimantan

Baca juga: Rumah Minimalis Modern dengan Bukaan Besar HM House – Samarinda, Kalimantan Timur

Ruang Makan

Interior ruang makan kami desain dengan sebuah meja makan dengan 4 (empat) kursi makan, dan penambahan lemari untuk storage (penyiimpanan).

Interior perpaduan Minimalis dan Mediterania untuk Renovasi Rumah di Kalimantan

Area Bawah Tangga

Pada area bawah tangga, kami desainkan kabinet untuk menyimpan barang-barang atau alat-alat kebersihan seperti sapu, dan pel lantai. Area bawah tangga ini dekat dengan area laundry, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan alat-alat laundry juga. Kami desain juga cover untuk filter air dan cover pipa-pipa agar tampilannya lebih rapi.