Untuk desain ruang kelas TK (kindergarten) ini kami mencoba memanfaatkan 1 ruang kelas yang difungsikan menjadi beberapa area. Area di dalamnya antara lain yaitu area tunggu, area sarana belajar mengajar, area membaca buku, area pengajar, dan area bermain. Tujuan dari desain ruang kelas ini ialah sebagai sarana pembelajaran anak dengan mengedukasi di setiap sudutnya.

Penerapan bentuk puzzle yang dipilih dan diterapkan pada kelas TK ini kami harapkan mampu meningkatkan konsentrasi, dapat meningkatkan memori ingatan, mengasah kreatifitasnya, dan dapat meningkatkan pola pikir anak dengan baik untuk kedepannya.

Baca juga : Dulu Gelap dan Pengap, Kini jadi Terang dan Luas – Desain Interior Style Kontemporer Rumah Ibu Melita, Gunungkidul, Yogyakarta

view 1 interior area belajar mengajar

Pemilihan warna dan material yang diterapkan adalah menggunakan warna netral, soft pink dan baby blue. Dengan perpaduan 3 warna tersebut dapat memberikan aspek kenyamanan tersendiri untuk anak-anak. Tujuan lain, saat di dalam kelas dapat memberikan suasana yang menyenangkan, dapat memberikan ketenangan dan dapat meningkatkan konsentrasi. Diberi sentuhan warna emas pada bagian nook chair dengan harapan dapat memberikan kesuksesan dalam berprestasi.

tone warna yang kami gunakan pada desain ruang kelas TK

Material yang digunakan ialah dominan material kayu agar terlihat minimalis dan clean. Penerapan material kayu ini diterapkan pada beberapa furniture seperti meja alat Lukis dan meja – kursi belajar.

view 2 interior area belajar mengajar

Pada area belajar mengajar ini dapat mencakup sebanyak 24 murid. Masing-masing dibagi menjadi 6 kelompok sehingga 1 meja belajar mencakup 4 kursi. Terdapat papan tulis (white board) agar pengajar mudah untuk menjelaskan melalui tulisan.

Baca juga : Interior Rumah dan Kost SYRMN House – Manado, Sulawesi Utara

interior area bermain

Pada area bermain ini disediakan nook chair dan bean bag agar nantinya dapat bermain di atas dan di bawah. Pada samping area bermain didesain terdapat lemari sebagai penyimpanan tas, penyimpanan mainan dan pajangan.

interior area ruang tunggu

Untuk mempermudah orang tua menunggu anaknya, maka disediakan sofa yang berbentuk setengah lingkaran dekat dengan jendela. Posisi area tunggu ini sengaja didekatkan dengan lemari penyimpanan tas yang nantinya agar mempermudah saat berkemas / selesai berkegiatan di dalam kelas.

interior area pengajar

Pada area pengajar disediakan meja kerja, kursi kerja dan dibelakangnya terdapat lemari rak yang didesain custom sebagai tempat penyimpanan berkas dan buku. Posisi area pengajar ini diletakkan dekat dengan jendela agar mendapatkan sirkulasi yang baik. Area ini juga diletakkan berdekatan dengan pintu serta area tunggu agar nantinya orang tua murid mudah berkonsultasi untuk menanyakan perkembangan anaknya selama di sekolah.

Baca juga : Elegan dan Mewah dengan Gaya Kontemporer – Interior Perumahan AR House