Kamar Mandi Jack and Jill, juga dikenal sebagai “kamar mandi bersama” umumnya merujuk pada kamar mandi yang terletak di antara dua kamar tidur dan dapat diakses dari kedua kamar tersebut. Desain kamar mandi seperti ini umumnya ditemukan di rumah-rumah di mana ruang dioptimalkan untuk efisiensi dan kenyamanan, terutama di situasi di mana dua kamar tidur berdekatan satu sama lain.

Populer di Tahun 70-an

Kamar mandi ini popular di kalangan keluarga besar yang memiliki lebih dari satu anak. Kamar mandi Jack and Jill mulai terkenal di tahun 70-an oleh Brady Bunch di sebuah acara komedi TV keluarga yang menceritakan kehidupan satu anak laki-laki dan satu anak perempuan. Jack and Jill diambil dari nama kedua anak di acara TV tersebut. Mereka merupakan saudara kandung yang memiliki kamar tidur masing-masing tetapi berbagi kamar mandi bersama.

Baca juga: Rumah Kontemporer Industrial RYS House – Jakarta Timur

Layout Kamar Mandi Jack and Jill

Idea utama di balik kamar mandi Jack and Jill adalah menyediakan akses bersama ke kamar mandi tanpa memerlukan individu untuk pergi ke lorong atau menggunakan kamar mandi terpisah. Ini dapat sangat berguna di rumah-rumah dengan beberapa kamar tidur, seperti kamar bersama saudara atau akomodasi tamu.

Secara sederhana, kamar mandi Jack and Jill adalah kamar mandi suite untuk dua kamar tidur, atau untuk kamar tidur dan lorong. Kamar mandi Jack and Jill mencakup wastafel terpisah, tetapi pengguna berbagi area mandi/shower dan toilet. Format ini dapat berguna jika ingin menghemat ruang dengan tidak memiliki dua kamar mandi dalam. Kamar mandi Jack and Jill juga dapat bermanfaat jika sudah tidak ada tempat yang pas untuk membuka pintu ke lorong – Kamar Mandi Jack and Jill.

sumber: pinterest

Konfigurasi biasanya mencakup ruang kamar mandi pusat dengan dua pintu masuk terpisah, masing-masing menuju ke kamar tidur yang berbeda. Kamar mandi mungkin memiliki dua wastafel, area toilet terpisah, dan kamar mandi atau shower bersama. Desainnya bertujuan untuk memaksimalkan privasi dan efisiensi, memungkinkan dua individu menggunakan kamar mandi secara bersamaan tanpa saling mengganggu.

Manfaat Kamar Mandi Jack and Jill

Kamar mandi ini hanya cocok untuk keluarga besar, kamar mandi ini dapat menjadi pilihan yang bagus untuk pemilik rumah karena beberapa keuntungan yang bisa didapat, seperti :

Baca juga: Interior Rumah Japandi Style RiJ House – Pontianak, Kalimantan Barat

1. Hemat ruang dan uang

Salah satu manfaat utama yang bisa didapat dengan kamar mandi Jack and Jill ini adalah hemat ruang dan pengeluaran. Kamar mandi dapat mengambil space yang mungkin dapat digunakan untuk ruang yang lain, jadi menggunakan kamar mandi Jack and Jill merupakan situasi yang saling menguntungkan – Kamar Mandi Jack and Jill.

sumber: pinterest

2. Berbagi namun tetap privat

Sering juga digunakan untuk kamar tidur dan lorong, namun lebih sering digunakan diantara dua kamar tidur. Kamar mandi Jack and Jill harus didesain dapat dikunci dari kedua sisi, maka akan tetap terpisah dan menjamin privasi pengguna. Kamar mandi Jack and Jill dapat membantu pengguna seperti anak-anak untuk berbagi dan berkompromi untuk kebutuhan perlengkapan mandi mereka – Kamar Mandi Jack and Jill.

sumber: pinterest

Pertimbangan Kamar Mandi Jack and Jill

Saat menggunakan atau menambah desain kamar mandi Jack and Jill pada denah rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Pengguna kamar berdekatan

Salah satu pertimbangan pertama yang harus diperhatikan pemilik rumah ketika mendesain kamar mandi Jack and Jill adalah jenis kamar apa yang akan berada di kedua sisi kamar mandi. Misalkan saja akan digunakan untuk kamar tidur dengan kamar tidur tamu yang jarang digunakan, atau ditempati oleh dua remaja atau kombinasi lainnya. Hal ini akan membantu dalam informasi desain dan persyaratan penyimpanan – Kamar Mandi Jack and Jill.

2. Kunci

Sertakan kunci untuk pintu kamar tidur dan pintu kamar mandi untuk privasi, dan pintu-pintu itu harus mengunci di kedua sisi. Memasang kunci atau fitur lain dapat membantu pengguna dengan mudah memahami ketika kamar mandi sedang digunakan – Kamar Mandi Jack and Jill.

Baca juga: Interior Rumah Minimalis IVN House #2 – Cirebon, Jawa Barat

3. Menggandakan aksesoris dan storage

Untuk kenyamanan pengguna, pasang dua wastafel dan tempat penyimpanan untuk menjaga hal-hal agar terasa adil dan agar seolah ruang itu menjadi ruang pribadi mereka sendiri – Kamar Mandi Jack and Jill.

Secara keseluruhan, konsep kamar mandi Jack and Jill adalah solusi praktis untuk mengoptimalkan ruang dan memfasilitasi akses bersama antara kamar tidur di sebuah rumah.