Rumah merupakan bagian terpenting dari sebuah keluarga. Setiap keluarga ataupun bahkan seseorang yang belum berkeluarga ingin mempunyai sebuah rumah. Fungsi dari rumah itu sendiri yaitu untuk tempat beristirahat dan juga tempat berkumpul bersama. Didalam rumah pasti ada sebuah pintu, yang digunakan sebagai akses keluar masuk dari dalam keluar, dari luar kedalam, ataupun dari ruangan satu ke ruangan lain. Pintu juga akan memberkan kesan tersendiri saat orang ain melihatnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan pintu rumah.

Baca juga : Hunian Desain Khas Etnik Jawa – Jasa Desain Arsitek Jogja

sumber foto : pinterest

Ukuran Pintu Rumah

Pertama yaitu tentukan ukuran pintu rumah yang akan Anda kehendaki. Ukuran pintu rumah ini akan mempengaruhi bentuk pintu nantinya. Bukan hanya ukuran lebar pintunya saja, tetapi juga ukuran tinggi pintunya. kedepannya akan berpengaruh ke handle pintu juga. Ukuran pintu ini harus ditentukan dari ukuran penghuni rumah, lebar dan tinggi pastinya.

Baca juga: Rumah Lengkung Minimalis dan Low Maintenance di Yogyakarta

Standar ukuran pintu juga ditentukan dari fungsi pintu itu sendiri. Antara pintu rumah utama, pintu samping, pintu belakang, ataupun pintu kamar mandi mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Pintu kamar mandi ukurannya akan lebih kecil dari pintu utama rumah dan juga pintu kamar. Fungsi dari pintu juga akan mempengaruhi style rumah yang akan muncul.

Biasanya pintu rumah utama lebih bagus karena pintu utama akan memberikan kesan saat orang lain pertama kali melihat rumah Anda. Berbeda dengan pintu belakang yang mungkin hanya akan terlihat biasa saja, karena hanya orang tertentu saja yang melihatnya. Atau antara pintu pagar rumah atau pintu garasi, akan jelas berbeda.

sumber foto : pinterest

Daun Pintu

Kemudian tentukan juga pintu yang akan Anda terapkan, 1 atau 2 daun pintu. Karena akan mempengaruhi bentuk dan juga style pintu Anda. Pintu 1 atau 2 daun pintu ini juga tergantung dari ukuran eksisting yang akan diberi pintu. Menerapkan pintu swing, pintu lipat, ataupun geser juga akan mempengaruhi desain rumah. Desain pintu yang akan diterapkan juga harus sesuai dengan desain rumah Anda.

Desain pintu pasti akan selaras dengan desain keseluruhan. Tidak mungkin berbeda style dalam satu rumah. Misalnya untuk rumah di daerah tropis yang lebih dominan ke style rumah simple terbuat dari kayu, tidak akan diterapkan bentuk, seperti ukir-ukiran yang terlalu detail.

Baca juga : Desain Hunian Gaya Post – Modern – Jasa Desain Arsitek Jogja

Memilih pintu juga harus memperhatikan warna pintu itu sendiri. Warna pintu biasanya diambil dari style rumah yang sudah ada. Padukan warna-warna yang lebih elegan dan juga kalem. Karena pintu juga termasuk hal yang paling utama ketika seseorang melihat rumah Anda. Karena pintu merupakan bagian terpenting dari rumah itu sendiri.