Kali ini, R3 Studio bertemu seorang klien dari Tangerang, Banten. Beliau adalah Ibu Feli yang telah datang dengan membawa sebuah rancangan desain. Ibu Feli tidak puas dengan rancangan yang ia miliki sehingga mendatangi Rancang Reka Ruang untuk memperoleh rancangan desain baru dari fasad bangunannya.

Baca juga: Rumah Gaya Farmhouse STY House – Tangerang, Banten, Jawa Barat

Ibu Feli menginginkan sebuah rumah dengan konsep farmhouse. Dengan berbekal ketidak puasan beliau dengan rancangan sebelumnya, kami berupaya untuk mewujudkan keinginan klien sehingga dapat menghasilkan desain yang memuaskan.

Nuansa Putih Rumah Farmhouse di Tangerang, Banten

Konsep yang dipilih kali ini identik dengan aksen garis vertikal dan horisontal. Aksen tersebut dapat dilihat langsung pada fasad rumah. Atap yang digunakan berbentuk pelana untuk mengimbangi ciri khas dari konsep farmhouse.

Tantangan terbesar dari proses desain ini adalah kami mengerjakan desain sembari proyek pembangunan berjalan. Hal ini tentu membuat desainer kami terpacu di atas batasan-batasan desain yang cenderung lebih banyak dibandingkan dengan proses pembangunan yang belum dilakukan.

Nuansa Putih Rumah Farmhouse di Tangerang, Banten

Baca juga: Interior Scandinavian Rumah Farmhouse dengan Mezanin

Pada lantai pertama, tata letak pintu dan jendela tidak dapat diubah karena dinding sudah naik. Maka dari itu, kami mengakalinya dengan membuat beberapa bukaan di lantai dua yang cenderung lebih fleksibel karena belum terbangun.

Nuansa Putih Rumah Farmhouse di Tangerang, Banten

Rancangan sebelumnya didominasi oleh warna hijau. Namun, kali ini kami membuat rancangan dengan dominasi warna putih. Aksen garis vertikal memanjang dari atas ke bawah juga turut memperindah tampak fasad. Kami juga menambahkan aksen garis horizontal untuk mengimbanginya sehingga bangunan tidak terlalu menjulang.

Baca juga: OASE Mushola Kontemporer di Kawasan Perumahan Farmhouse

Nuansa Putih Rumah Farmhouse di Tangerang, Banten

Nuansa Putih Rumah Farmhouse di Tangerang, Banten

Permintaan khusus lain dari klien kami adalah beliau ingin di teras rumahnya terdapat sebuah ayunan. Ayunan tersebut dapat digunakan untuk bersantai sembari menikmati udara sejuk dan angin spoi-spoi.

Nuansa Putih Rumah Farmhouse di Tangerang, Banten

Hal yang menarik dari proses ini adalah bahwa kami memperoleh seorang klien yang memiliki ketelitian cukup tinggi. Beliau ingin ada ornamen kecil pada konsol bagian teras, permainan tekstur pada beberapa bagian, hingga pemanfaatan bata tempel.