Jendela sangatlah penting untuk sebuah rumah tinggal atau bangunan fasilitas umum. Berfungsi sebagai penghawaan, pencahayaan, dan juga kenyamanan pengguna. Jendela sangatlah berperan besar dalam mendesain sebuah rumah. Bisa juga dimanfaatkan sebagai estetika bangunan. Semua peraturan yang ada, sudah mencantumkan ukuran dan aturan tentang jendela.

Sumber : Pinterest

Baca juga: Perumahan Modern Tropis FAY Residence – Demak, Jawa Tengah

  1. Sebagai Penghawaan

Jendela sebagai penghawaan berhubungan erat dengan kenyaman dan kesehatan pengguna. Apabila tingkat penghawaan suatu ruangan kurang, akan menimbulkan kurangnya kenyamanan pengguna. Penghawaan ruangan juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Seperti halnya dijelaskan di Peraturan PMK No.48 Tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran, bahwa sirkulasi untuk pertukaran udara harus terdapat di suatu bangunan melalui ventilasi alami ataupun buatan. Kelembaban ruangan harus memenuhi kebutuhan kenyamanan dan kesehatan pengguna.

Sumber : Pinterest

  1. Sebagai Pencahayaan

Jendela sebagai pencahayaan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penggunanya. Sangat perlu pencahayaan di suatu bangunan, guna menjalankan aktifitas didalam bangunan tersebut. Melalui pecahayaan alami ataupun buatan. Namun, lebih sehat dan hematnya melalui pencahayaan alami. Melalui jendela, dapat menghantarkan pencahayaan alami pada siang hari. Jadi, tidak perlu repot-repot menghidupkan lampu pada siang hari. Harus memanfaatkan sinar energi sebaik-baiknya.

Sumber : Pinterest

Baca juga: Asri namun Modern, Kerennya Perumahan Tropis Kontemporer AR House – Sleman, Yogyakarta

  1. Sebagai Sirkulasi Udara

Jendela juga berfungsi sebagai tempat untuk sirkulasi udara. Apabila tidak terdapat jendela, akan sangat sulit proses sirkulasi udara di bangunan/gedung tersebut. Ini juga berhubingan dengan tingkat kandungan debu di dalam ruangan. Apabila listrik mati, akan bermanfaat sekali bagi penggunanya. Tidak perlu adanya genset untuk menyalakan listrik. Namun, dengan sirkulasi udara yang alami akan sangat membantu masalah dalam ruangan.

Sumber : Pinterest

  1. Sebagai Estetika Bangunan

Selain itu, jendela juga berfungsi sebagai estetika bangunan. Jendela sudah banyak inovasi, bukan lagi bentuk persegi saja. Sekarang sudah banyak bentuk-bentuk lain sehingga dapat meambah estetika sebuah bangunan. Seperti bentuk bulat, persegi, belah ketupat, ataupun yang lainnya.

Baca juga: Perumahan Minimalis Elegan CLR Residence – Manokwari, Papua

Jadi, jendela memang sangat penting bagi suatu bangunan. Apalagi dengan adanya konsep green building yang sudah dicanangkan beberapa tahun terakhir. Adanya jendela sangat berpengaruh terhadap saving energi suatu bangunan tersebut. Di software EDGE misalnya, akan ada point untuk memasukkan informasi mengenai jendela. Yaitu ukuran, dan luasannya. Point tersebut disebut Window to Wall Ratio atau disebut juga WWR. Dalam WWR akan membandingkan anatara luasan dinding dan juga luasan jendela. Apabila total WWR besar, akan memungkinkan bahwa bangunan/gedung tersebut berkonsep green building.