Seiring berkembangnya jumlah populasi di Indonesia, mengakibatkan kebutuhan hunian juga semakin meningkat. Namun kebutuhan hunian yang meningkat tersebut, tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan yang ada. Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat memang tidak dapat dihindari, akibatnya memang harus ada lahan untuk menampung penduduk tersebut. Yang harus seimbang antara penduduk yang berpenghasilan tinggi ataupun rendah. Hunian yang layak harus didapatkan seiring pesatnya pertumbuhan penduduk. Harapannya mereka mendapatkan hunian yang layak dan juga bersifat terus berkelanjutan. Namun, bagaimana solusi untuk itu semua?

Baca juga: Desain Sekolah Minimalis SMK N 1 Temanggung – Temanggung, Jawa Tengah

Sumber : Pinterest.com

Sebenarnya sudah dari tahun 2011, konsep vertical housing ini ada di Indonesia. Sementara di negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura suadh menerapkannya. Di Indonesia sendiri masih belum semua kota menerapkannya. Karena memang, harus ada hal-hal yang diperhatikan untuk menerapkan konsep vertical housing ini. Tidak dapat diterapkan di kota-kota di seluruh Indonesia.

Sumber : Pinterest.com

Harus memperhatikan aspek-aspek sebelum menerapkannya, antara lain yaitu kondisi daya dukung tanah, kondisi daya dukung wilayah, iklim, tata guna air, dan juga bencana alam yang ada. Seperti halnya untuk daerah-daerah yang rawan bencana alam, harus diperhatikan struktur yang digunakan nantinya. Karena memang vertical housing ini membangun untuk keatas, memaksimalkan lahan yang ada.

Sumber : Pinterest.com

Baca juga: Hotel Minimalis Modern Angkasa Hotel – Baturaja, Sumatera Selatan

Vertical housing merupakan salah satu cara efektifitas untuk solusi di lahan yang sempit. Namun, untuk menerapkan vertical housing ini, harus melihat kondisi masyarakatnya dahulu. Tidak bisa langsung merubah gaya hidup masyarakat Indonesia dengan kebiasaan-kebisaannya. Kebiasaan yang tadinya mempunyai rumah dengan lahan yang luas, harus dirubah menjadi rumah yang luasannnya berbeda.

Sumber : Pinterest.com

Apakah nantinya juga akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan menempatinya. Untuk itu perlu adanya sosialisasi. Kemudian, untuk masyarakat di sekitar lahan vertical housing tersebut, apakah juga akan merasa nyaman? Jadi, vertical housing haya bisa diterapkan di sebagian kota-kota besar di indonesia. Harus ada penelitian lebih lanjut terhadap kebutuhan konsep vertical housing ini disetiap kota. Tidak dapat langsung diterapkan langsung tanpa adanya penelitian lebih lanjut di masing-masing kotanya.
Baca juga: Interior Depot Air Minum Modern Embun – Solo, Jawa Tengah