Tangga merupakan bagian dari bangunan yang menghubungkan antara lantai 1 dan lantai berikutnya, tangga merupakan komponen yang penting didalam bangunan, karena dalam hal ini resiko seperti terjatuh dan terpeleset sangat mudah terjadi apabila tangga tidak dibuat dengan benar. Sehingga dalam membuat tangga biasanya ada banyak hal yang harus diperhatikan, terutama faktor keamanan dan kenyamanannya. Faktor keamanan dan kenyamanan sangat penting diperhatikan terutama jika didalam rumah anda terdapat anak-anak bahkan orang tua, biasanya mereka sangat rentan akan resiko terjatuh dan terpeleset – Tangga Rumah.

Baca juga: Unik, Rumah Produktif Greenhouse bergaya Industrial Kontemporer – Ko House

Berikut adalah tips yang bisa anda pakai dalam membuat tangga pada hunian anda agar aman dan nyaman bagi anak-anak, orang tua, bahkan diri anda sendiri. Tips membuat tangga yang aman dan nyaman:
  • Pemilihan material tangga

Pilihla material penutup tangga yang tidak licin (kasar, atau anda juga bisa menggunakan material yang berpori atau berserat seperti kayu dan sejenisnya agar tidak membahayakan keselamatan pada penggunanya.
  • Penggunaan railing

Gunakan railing yang mudah dijangkau pada sepanjang tangga sebagai pembatas dan alat bantu pada saat berjalan.

Sumber : dekorrumah.net

  • Hindari ilusi optik

Hindari ilusi optik yang dapat menipu penglihatan, penggunaan karpet berpola akan membuat bingung karena corak dari karpet itu sendiri dan dapat membuat pengguna terjatuh karena bingung pada saat naik atau turun tangga – Tangga Rumah.

Sumber: dresslily.com

Baca juga: Solusi Membangun Rumah Impian dengan Bujet Minim Konsep Split Level dan Rumah Tumbuh – Adi House, Sleman Yogyakarta

  • Dimensi anak tangga

Agar pengguna merasa nyaman pada saat naik atau turun tangga, maka dimensi anak tangga harus disesuaikan dengan standar yang sudah ditentukan.
  • Penggunaan cahaya yang cukup

Untuk pencahayaan anda juga dapat menggunakan pencahayaan yang berasal dari glassblock pada siang hari atau memberikan beberapa penerangan pada anak tangga sebagai penerangan tambahan pada ruang yang gelap dan saat malam hari – Tangga Rumah.

Sumber : superbrightleds.com

  • Hindari tangga yang terlalu curam atau tinggi

Hindari tangga yang terlalu curam dan tinggi , tangga yang curam dapat menyebabkan pengguna capek dan terjatuh saat menggunakannya.

Sumber : dekorrumah.net

  • Bordes

Bordes pada tangga berfungsi sebagai tempat istirahat sementara. Berikut adalah cara menentukan jumlah anak tangga yang aman dan nyaman, rumus yang biasa digunakan yaitu : 2T + L = (60-65 cm) Keterangan :    T : Tinggi anak tangga L: Lebar Anak Tangga Contoh :
  1. Misal, anda ingin membuat anak tangga dengan ukuran T: 16,  L:25, maka kita masukan rumus sebelumnya yaitu
2T + L = (60-65 cm) = (2.16) + 25 = 57 (terlalu landai) sehingga untuk ukuran tangga ini tidak disarankan untuk dipakai.
  1. Jika anda ingin membuat anak tangga dengan T: 18, L:27, maka kita masukan rumus sebelumnya yaitu:
2T + L = (60-65 cm) = (2.16) + 28 = 60 (termasuk dalam angka yang telah ditentukan) karena ukurannya sesuai dengan rumus yang sudah ada, maka untuk ukuran ini dapat kita gunakan dalam membuat tangga rumah anda. Untuk menentukan jumlah anak tangga dengan ukuran tinggi antara lantai 1 ke lantai 2 yaitu 400 cm/ 4m, maka rumus yang dapat digunakan adalah : T. Lantai 1 ke 2/ T.Anak Tangga – 1 = 400 / 16 – 1 = 25 – 1 =24 anak tangga untuk ketinggian lantai 4 m Baca juga: Rumah Tropis Minimalis Paling Kece Se-Papua – FRN House