Cara Hitung Harga Rumah – Bila berbicara tentang bangunan, kita sering mendengar istilah RAB (Rencana Anggaran Biaya). Biasanya RAB berkaitan dengan uang atau dana. Sebenarnya, apakah RAB itu?

Rencana Anggaran Biaya adalah rincian biaya yang harus ditanggung untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu dalam suatu proyek. RAB memuat harga satuan per item pekerjaan beserta volume sehingga dapat diketahui total biaya keseluruhan.

Baca juga: Interior Rumah Japandi Style RiJ House – Pontianak, Kalimantan Barat

Biaya Pokok

Dalam sebuah proyek pembangunan, terdapat dua pokok biaya yang harus ditanggung yaitu biaya pembelian bahan biaya gaji tenaga kerja. Didalam RAB, kedua biaya tersebut di kalkulasi berdasarkan koefisien-koefisien per pekerjaan.

Dengan adanya RAB Rencana Anggaran Biaya, biaya pembangunan rumah akan bisa diprediksi, sumber: google

Sebagai contoh, dalam pekerjaan pembuatan pondasi menerus batu kali. Dalam pembuatan pondasi menerus batu kali (diluar pekerjaan galian), terdapat item bahan material diantaranya batu kali, kapur, pasir, semen. Keempat material tersebut mempunyai perbandingan volume yang berbeda dalam pembuatan pondasi.

Perhitungan SNI

Perhitungan SNI dalam 1 m3 pondasi (menggunakan satuan m3 karena mempunyai dimensi volume/3D), terdapat:

– 1,2 m3 Batu kali/belah (asumsi terdapat rongga diantara batu belah),

– 0,147 m3 Kapur

– 61 kg Semen

– 0,492 m3 Pasir

Sedangkan untuk membuat 1 m3 Pondasi Batu Kali dibutuhkan beberapa tenaga kerja seperti :

– Pekerja, dihitung 1,5 Orang/Hari

– Tukang Batu, dihitung 0,75 Orang/Hari

– Kepala Tukang, dihitung 0,075 Orang/Hari

– Mandor, dihitung 0,075 Orang/Hari

Dari estimasi atau koefisien tersebut, lalu dikalikan dengan harga material dan gaji tenaga kerja per komponen. Misalnya harga batu kali Rp. 200.000,00 / m3, maka dalam pembuatan 1 m3 pondasi biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli batu kali adalah sebesar Rp. 240.000,00. Begitu juga dengan bahan lain.

Untuk tenaga kerja pun demikian. Misalnya untuk pekerja, gaji per hari adalah Rp. 65.000,00, maka untuk pembuatan 1 m3 pondasi pengeluaran untuk pekerja adalah sebesar Rp. 97.500,00. Begitu juga dengan pengeluaran untuk tukang batu, kepala tukang, dan mandor.

Baca juga: Interior Rumah Minimalis IVN House #2 – Cirebon, Jawa Barat

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Contoh perhitungan RAB Rencana Anggaran Biaya

Dalam RAB, terdapat banyak sekali item pekerjaan bangunan yang harus dihitung selain pondasi. Dalam pekerjaan pondasi, contoh diatas hanya salah satu komponen saja. Pekerjaan pondasi terdiri dari komponen; galian pondasi, urugan pasir bawah pondasi, pasangan pondasi (contoh diatas), urugan tanah kembali.

Sedangkan item pekerjaan lain selain pondasi masih ada banyak sekali seperti pekerjaan beton, pekerjaan dinding, pekerjaan atap, pekerjaan lantai, pekerjaan sanitair, pekerjaan elektrikal, dll.

Baca juga: Rumah Minimalis Omah Q-Nanti – Bantul, Yogyakarta

Dengan ulasan diatas, apakah anda dapat mengerjakannya sendiri? :)