Menata rumah untuk menghasilkan desain yang menarik serta hemat baik dalam penggunaan ruang maupun budget memerlukan cara cerdas untuk menyiasatinya. Perlu perencanaan matang untuk menciptakan desain rumah yang tak hanya bagus untuk dilihat, namun juga efektif serta efisien serta nyaman untuk dihuni. Untuk mewujudkan desain rumah impian dengan cara cerdas serta hemat, Anda dapat mencoba langkah-langkah untuk menata ruang seperti di bawah ini:
  1. Usahakan Setiap Benda Tersimpan dengan Baik
Pastikan semua benda berada di tempat yang tepat mulai dari benda berukuran besar hingga serpihan benda-benda kecil yang mudah hilang seperti kunci, aksesoris, dan sebagainya.

Baca juga: Interior Kost Putri Modern Kontemporer – YA KOST

Letakkan selalu barang yang telah anda gunakan pada tempatnya semula sehingga menciptakan tempat penyimpanan yang tetap serta memudahkan pencarian saat dibutuhkan.

sumber: pinterest.com

  1. Memilih Furnitur yang Sesuai
Pemilihan furnitur sangat penting untuk penyimpanan yang rapi. Lemari multifungsi dengan banyak sekat atau ruang dapat membantu anda dalam mengelompokkan barang berdasarkan jenisnya. Rak dengan model terbuka juga dapat menjadi pilihan yang baik. Selain memudahkan anda dalam mencari barang, rak terbuka ini lebih menghemat ruang Anda dan sesuai untuk area yang sempit.

sumber: pinterest.com

Baca juga: Rumah Minimalis Open Plan dengan Pencahayaan Alami – DN House

  1. Tata Warna Interior
Pemilihan warna-warna terang yang cenderung netral seperti putih, krem dan abu-abu dapat membuat ruangan anda yang kecil menjadi tampak lebih lapang. Hindari penggunaan warna dominan gelap dan kuat dalam interior rumah anda karena dapat memberi kesan sempit pada ruangan. Selaraskan warna perabot Anda dengan warna diding untuk membuat ruangan anda tampak lebih luas

sumber: pinterest.com

  1. Mengatur Letak Furnitur
Perletakkan furnitur yang tepat dapat membuat ruangan terlihat rapi dan lapang. Kelompokkanlah sofa dan kursi-kursi sehingga menjadi satu kesatuan dengan merapatkannya pada dinding untuk menghindari ruang yang tidak terpakai. Jangan biarkan sudut ruangan anda kosong tanpa adanya fungsi yang berarti. Anda dapat meletakkan tanaman indoor ataupun aksesoris lain di sudut ruang anda untuk menghidupkan ruangan anda.
  1. Hindari Penataan dengan Perabot Berlebih
Gaya desain minimalis yang fungsional dengan sedikit perbot dapat menjadi pilihan anda untuk melakukan penghematan ruang. Hindari membeli terlalu banyak perabot yang dapat mempersempit rumah Anda. Jika Anda sudah memiliki banyak perabot, pilahlah dengan baik perabot mana yang sebaiknya ditampilkan serta perabot yang lebih baik disimpan.

sumber: pinterest.com

Selain membuat kesan luas, penataan dengan sedikit perabot mempermudah dalam membersihkan rumah.

Baca juga: Rumah Modern Kontemporer dengan Open Plan – Danny House

  1. Menggunakan Jasa Arsitek atau Desainer Interior
Banyak orang yang berfikir bahwa menggunakan jasa desainer menghamburkan banyak uang, justru sebaliknya. Dengan bantuan seorang professional, anda dapat bersama merencanakan desain yang tepat untuk rumah anda dengan budget yang anda miliki. Anda juga tidak perlu khawatir akan kesalahan pembelian bahan karena pengetahuan para desainer interior akan harga, bahan serta merk pasar yang cukup luas.