Hunian dengan gaya desain interior American classic cenderung memiliki tingkat kerumitan tertentu. Pilihan warna untuk semua elemen, dan cara memasukkan detail klasik yang tepat.

Desain American classic identik dengan bangunan mewah elegan. Di negara asalnya, gaya ini fokus pada satu focal point yaitu area perapian yang menjadi titik ciri khasnya. Namun, pada penerapan di hunian tertentu, ciri khas lain yang juga ditonjolkan yaitu penggunaan profil pada plafon, pintu, serta jendela.

Baca juga: Konsep Rumah Tumbuh dengan Budget Minimalis – AI House

Desain hunian American Classic ternyata di tahun 2020 ini mulai kembali populer, dan merajai tampilan gaya interior di Indonesia. Mungkin juga khususnya di Yogyakarta, Cantiknya konsep hunian American Classic ini memang dianggap berbeda dari gaya desain hunian klasik lainnya karena , American Classic punya ciri khas tersendiri yang menarik.

Berikut beberapa karakteristik desain American classic sebagai berikut :

  1. Ukuran Minimalis

Memiliki hunian dengan gaya American Classic sudah pasti memiliki karakteristik ukiran di setiap desain kolomnya. Sehingga, hunian bergaya American Classic ini juga sesuai untuk konsep hunian modern minimalis yang sesuai dengan gaya anak muda. Untuk ukiran-ukiran yang ada pada gaya desain American Classic, biasanya diaplikasikan pada dinding dan lis plafon.

Sumber : asset-a.grid.id

  1. Identik dengan Warna Putih dan Krem

Hunian bergaya American Classic dikenal sangat identik dengan warna putih, Hampir semua hunian yang mengaplikasikan gaya American Classic pada hunian ini, pasti menggunakan warna putih sebagai warna interior utamanya.

Sumber : media.rooang.com

Baca juga: Rumah Modern Kontemporer dengan Open Plan – Danny House

Sedangkan untuk ruangan private seperti kamar tidur warna beige alias krem adalah warna yang paling sering diaplikasikan pada gaya desain American Classic.

Sumber : media.rooang.com

  1. Bentuk Jendela dan Pintu Setengah Lingkaran

Pada gaya desain American Classic, bentuk pintu dan jendela yang diaplikasikan adalah bagian atasnya berbentuk setengah lingkaran. Bahkan terkadang bentuk peralihan dari ruangan foyer keruangan utama pun didesain dengan bentuk setengah lingkaran.

Sumber : i0.wp.com

Baca juga: OASE Mushola Kontemporer di Kawasan Perumahan Farmhouse

  1. Unsur Elemen Kayu sangat Kuat

Karena nuansa warna putih sangat kental mewarnai hunian rumah, maka padanan yang pas untuk memberikan kehangatan di dalam ruangan yaitu unsur kayu di area lantai. Faktor hangat di dalam sebuah hunian adalah penting, sehingga meskipun mengaplikasikan gaya American Classic yang pembawaannya mewah namun tetep bisa terasa hangat dan akrab dengan sentuhan elemen kayu yang kuat.

Sumber : i.pinimg.com

  1. Oversized Furniture

Sangat jelas gaya desain hunian klasik pasti dipenuhi oleh furniture-furniture berukuran besar, sebagai respon atas desain ruangan yang lebar dengan plafon tinggi. Dengan penggunaan oversized furniture, akan memberikan suasana ruangan yang besar menjadi proporsional.

Sumber : wordpress.com

Baca juga: Interior Kost Putri Modern Kontemporer – YA KOST

  1. Menonjolkan Elemen Batu bata

gaya ini adalah menonjolkan bahan material batu bata atau susunan kayu pada dinding terutama di bagian luarnya (eksterior). Batu bata dalam bangunan ini disusun secara sengaja agar mencolok dengan menonjolkan warna dari bata tersebut.

Sumber : googleusercontent.com