Berlokasi di Cirebon Jawa Barat, Ibu Dinar menghubungi kami untuk merenovasi beberapa ruangan di rumahnya. Ruang yang ingin direnovasi meliputi ruang keluarga, kamar tidur utama, kamar tidur anak, dapur, ruang makan, tangga, serta ruang cuci jemur. Saat melakukan briefing awal dengan klien, concern beliau terletak pada tangga eksisting yang cukup terjal dan kurang ramah terhadap orang tua dan anak-anak. Sehingga demi keamanan dan kenyamanan penghuni rumah, tangga menjadi area pertama yang ingin beliau renovasi. Selain itu, pada eksisting ruang keluarga dan dapur ada dinding yang memisahkan sehingga kedua ruangan tersebut terlihat lebih sempit.

Ibu Dinar kemudian menginginkan kedua ruangan itu dibuat lebih terbuka namun tetap dapat menjaga privasi area dapur. Oleh sebab itu kami desainkan partisi dari besi hollow yang disusun secara kisi-kisi sebagai pengganti dinding. Celah antara kisi besi dapat memberikan kesan terkoneksi pada kedua ruangan, sedangkan partisinya sendiri bertujuan untuk membuat privasi dapur tetap terjaga.

Baca juga: Rumah Industrial Tropis A-xpose House – Yogyakarta

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Secara keseluruhan, style yang kami terapkan pada desain renovasi rumah Ibu Dinar adalah kontemporer. Pada ruang keluarga terdapat sofa multifungsi yang bagian bawahnya dimanfaatkan untuk rak penyimpanan. Lalu ada coffee table, serta puff sebagai furintur tambahan. Di bagian kiri, tepat setelah pintu masuk, terdapat sofa hijau eksisting milik klien yang masih layak pakai dan cocok dengan style yang kami terapkan. Untuk menambah unsur dekoratif, kami menambahkan cermin yang di mix kayu olahan ber-pattern segitiga pada bagian bakcdorp tv. Cermin ini kami pilih untuk memunculkan kesan lebih luas pada ruangan. Selain itu, tv cabinet custom juga kami desain senada dengan backdrop belakangnya.

Pada dinding yang berseberangan dengan tv terdapat rak penyimpanan yang diberi LED Strip. Bagian rak ini kami tambahkan karena klien memiliki beberapa koleksi piala penghargaan yang diperoleh dari profesi suami beliau yang merpakan seorang tentara. Selain itu, ada juga beberapa koleksi parfum milik klien yang juga dipergunakan sebagai display penjualan.

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Berjalan masuk ke dalam, kalian akan mendapati ruang makan dan dapur. Desain yang lebih dekoratif dan fungsional dengan permainan cat dinding abu-abu yang diaplikasikan mirip seperti cahaya lampu yang terpancar dari pendant lamp kami terapkan untuk area ruang makan. Bagian ceilingnya kami beri kisi-kisi kayu. Sedangkan area dapur kami desain lebih simple dan minimalis dengan menggunakan dominasi warna abu-abu muda pada kabinet kitchen set agar tampak modern.

Baca juga: Rumah Tropical Modern ANDA House – Jakarta Selatan

Tangga kayu curam yang terletak di area dapur kami ganti dengan tangga besi dengan ketinggian yang ideal agar lebih aman. Railingnya menggunakan besi hollow dan kaca yang memberikan kesan futuristik dan modern pada tampilan tangga.

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Memasuki kamar tidur utama, konsep desain mengikuti konsep ruang keluarga yang banyak memainkan unsur material kayu olahan serta kisi-kisi dekoratif. Backdrop lemari kami desain dengan unsur pattern geometris kayu sehingga tampilan kamar menjadi lebih cantik. Terdapat hidden LED strip yang kami sesuaikan agar mengarah langsung ke area backdrop untuk menonjolkan pattern-nya. Kami juga menambahkan custom lemari pakaian yang bagian tengahnya diberi nook chair untuk area duduk bersantai.

Di bagian kiri lemari terdapat area untuk menyimpan koleksi tas milik klien. Sedangkan pada bagian kanan ada meja rias yang didesain melekat dengan lemari pakaian. Custom lemari ini memiliki banyak laci storage dan didesain penuh dari bawah hingga plafon untuk memanfaatkan space dan mengurangi kolong sehingga kamar lebih mudah dibersihkan.

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Berpindah ke ruangan selanjutnya yaitu kamar anak. Kamar ini kami rancang dengan nuansa fun and charm. Warna-warna yang dipilih seperti putih, soft pink, dan biru yang memang lekat dengan kesan ceria masa kanak-kanak. Apalagi warna biru merupakan warna favorit dari putri Ibu Dinar. Warna biru tersebut kemudian kami aplikasikan pada bagian furniture lemari custom beserta wallpanel pada area bermain. Sementara pada area bunk bed kami terapkan dominasi warna putih dengan sentuhan warna soft pink pada cat temboknya.

Untuk memanfaatkan space yang terbatas sekaligus memenuhi kebutuhan klien, kamar anak kami desain fleksibel khususnya pada area tidur dan area bermain. Saat ini Ibu Dinar memiliki 1 orang anak dan masih menikmati masa-masa bermain. Oleh karena itu kamar anak kami buat mezzanine agar area atas dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur sementara bagian bawahnya untuk area bermain.

Baca juga: Rumah Kontemporer BYU House – Klaten, Jawa Tengah

Pada area bermain terdapat meja tv custom yang ukurannya kami sesuaikan dengan tv eksisting. Ada juga beberapa storage sebagai tempat menyimpan mainan. Untuk lantainya, kami menambahkan karpet serta bean bag agar anak merasa nyaman saat duduk santai dan bermain. Supaya tidak ada ruang mati, bagian tangga kasur kami manfaatkan untuk storage laci. Hal ini juga dapat mengurangi kolong sehingga kamar lebih mudah untuk dibersihkan. Lalu ketika tiba saatnya klien kami memiliki anak lagi, area bermain ini dapat diubah menjadi area tidur sehingga klien tidak perlu repot menyiapkan kamar tambahan di ruangan lain.

Masih di dalam kamar anak, furniture lemarinya kami desain melengkung agar dapat mengurangi benturan ketika bermain. Lemari dengan material kaca tersebut dapat digunakana sebagai rak sekaligus pajangan sepatu. Di sampingnya, terdapat brown mirror yang bertujuan untuk membuat kamar anak terasa lebih luas dan elegan.

 

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Ruang terakhir yang kami desain adalah ruang cuci dan jemur. Kami membuat cabinet untuk penyimpanan perlatan rumah tangga seperti pel dan sapu. Lalu pada bagian backsplash area cuci, kami tambahkan keramik mozaik yang berfungsi ganda yaitu melindungi dinding dari cipratan air dan juga untuk mempermanis ruangan.

Baca juga: Rumah Minimalis SSN House – Bontang, Kalimantan Timur

Interior Rumah Style Kontemporer DNR House – Cirebon, Jawa Barat

Selain itu, kami juga memasang ambalam besi yang bisa dijadikan area penyimpanan sabun cuci baju. Area cuci manual dan jemur kami tempatkan di bagian kanan ruangan yang teratapi langsung oleh skylight. Tepat di seberangan pintu masuk, kami juga menambahkan lemari penyimpanan yang merupakan permintaan dari klien, karena klien memiliki banyak barang sehingga mereka butuh banyak space penyimpanan untuk membuat rumah menjadi lebih rapi.

Terakhir, pada bagian lantai kami membuat area hijau dengan mengaplikasikan rumput sintetis agar ruang cuci tidak suram dan tampak lebih fresh.