Plafon atau ceiling merupakan salah satu komponen interior yang perlu diperhatikan, dengan desain plafon yang menarik juga akan menambah nilai lebih pada interior rumah. Salah satunya dengan menerapkan model rangka atap ekspos. Walau ada beberapa model desain plafon lainnya, tetapi model dengan rangka atap ekspos akan menarik jika diterapkan dengan tepat karena akan mengekspos bagian dari plafon sehingga bagian – bagian atap akan terlihat tanpa harus tertutup material plafon lainnya.

Baca juga: Interior Kost Putri Modern Kontemporer – YA KOST

Menerapkan rangka atap ekspos pada interior rumah, akan memberikan beberapa kelebihan yaitu :

  • Rangka atap ekspos akan memberikan kesan ruangan rumah terasa lebih luas.
  • Penghawaan di dalam rumah menjadi lebih baik karena sirkulasi udara yang lancar.
  • Tidak menjadi sarang tikus.
  • Rangka atap ekspos memberikan tampilan yang berbeda dengan desain plafon lainnya karena tampilannya tidak monoton dan unik.
  • Tidak mengeluarkan biaya lebih untuk membeli material pafon tambahan.

Selain kelebihan yang dimiliki rangka atap ekspos, dalam mendesainnya juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  •  Desain rangka atap ekspos perlu diperhitungkan dengan baik dan matang agar meminimalisir munculnya masalah.
  •  Memilih bahan material dan finishing yang tepat sesuai dengan desain rangka atap yang akan digunakan.
  • Membutuhkan pekerja yang ahli dalam membuat rangka atap ekspos dan juga dalam pembuatannya harus dikerjakan dengan teliti dan rapi.
  • Dalam pelaksanaan pembuatan desain rangka atap ekspos membutuhkan waktu lebih lama.

Baca juga: Renovasi Dapur Kontemporer – Bapak Budi, Tasikmalaya

Dari hal – hal berikut bisa menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sehingga tidak akan menjadi kendala kita disaat mendesain interior dengan rangka atap ekspos. Sebagai gambaran desain anda dalam merancang desain rangka atap ekspos, berikut beberapa contoh desain yang mungkin dapat menjadi inspirasi :

1. Desain Klasik dengan Rangka Kayu

(Hgtv.com)

Baca juga : Desain Rumah Milenial di Lahan Sempit – Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain rangka atap ekspos dengan atap yang tinggi dengan mengkombinasikan rangka kayu atap, mengadaptasi bentuk atap gereja katredal pada masa lalu. Desain tersebut dapat mengkombinasikan struktur atap dengan gypsum putih ataupun dengan papan kayu.

(Houseandhome.com)

Selain itu dapat menambahkan lampu chandelier pada desain rangka atap ekspos, sehingga menambah kesan klasik pada ruangan.

2. Perpaduan Desain Tradisional pada Rangka Atap Ekspos

(Pinterest.com)

Rumah dengan konsep tradisional memiliki keunikan pada desain rangka atap ekspos yang menarik, dengan menonjolkan setiap konstruksinya baik usuk ataupun kuda – kuda ditampilkan secara terbuka dengan material kayu yang difinishing natural. Selain itu penambahan ukiran juga menambah keindahan pada desain tradisional rangka atap ekspos.

3. Desain Atap dengan Gaya Rustik

(Pinterest.com)

Desain rustik menampilkan desain atap dengan konstruksi kayu yang terlihat seperti tidak difinishing dan mentah. Dan juga dengan gaya rustik terlihat kesan kasar namun tetap terlihat menarik.

Baca juga: Rumah Minimalis Open Plan dengan Pencahayaan Alami – DN House

4. Desain Rangka Ekspos dengan Material Baja

(Archello.com)

Kombinasi antara konstruksi baja pada rumah anda akan memberikan tampilan industrial. Selain menggunakan konstruksi baja ataupun material kontainer, baja ringan juga menarik untuk diekspos. Namun ada ketentuan dan hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan baja sebagai rangka atap ekspos sehingga tidak mengganggu aktivitas yang ada di dalamnya.

5. Desain Atap Semen Ekspos

(Pinterest.com)

Desain atap semen ekspos menampilkan konstruksi dengan menampilkan material semen tanpa ditutup dengan material lainnya. Atap semen ekspos memberikan kesan industrial.

Baca juga : Tips Desain Walk In Closet yang Menarik – Jasa Desain Arsitek Jogja