Taman Kering Dalam Rumah – Semakin mahalnya harga lahan di kota, menyebabkan banyaknya kavling rumah dengan luas yang terbatas. Hal ini akan berakibat pada sempitnya rumah yang terbangun diatas lahan tersebut. Kebutuhan akan banyaknya ruang yang harus diwadahi dalam rumah tersebut akan membuat lahan menjadi penuh dengan bangunan. Hal berikutnya adalah kurangnya asupan cahaya dan udara ke dalam rumah.

Baca juga: Rumah Kontemporer Tradisional EDY House – Bantul, D. I. Yogyakarta

Taman kering pada hunian, sumber: google

Rumah yang baik adalah rumah yang mempunyai asupan cahaya dan udara yang cukup. Untuk itu, membuat ruang terbuka di dalam rumah adalah salah satu solusi yang cukup efisien. Apakah ruang terbuka tersebut harus mempunyai luas yang besar? Sedangkan lahan yang ada sudah penuh dengan bangunan. Lantas bagaimana?

Anda bisa membuat taman kering didalam rumah. Taman kering yang dimaksud adalah ruang diluar bangunan yang mempunyai akses langsung ke udara luar dan cahaya luar. Menempatkan ruang-ruang terbuka didalam rumah sangat baik untuk pintu masuk udara dan cahaya ke dalam rumah.

Beda Taman Kering dan Taman Biasa

Lalu apa bedanya taman kering dengan taman biasa?

Taman kering bisa juga diletakkan pada bagian belakang hunian, sumber: pinterest

Baca juga: Rumah Kontemporer Industrial Con-Box House – Bintaro, Tangerang Selatan

Taman Biasa

Taman biasa mempunyai tanaman yang beragam dan dominan tanaman hidup. Selain itu, lahan yang digunakan memang lebih cenderung tanpa penutup tanah, sehingga air langsung bisa masuk dan meresap. Sedangkan pada taman kering, dominasi ada pada benda-benda mati. Meskipun ada tanaman hidup, secara prosentase lebih kecil daripada benda-benda lainnya. Juga lahan yang digunakan lebih cenderung terdapat penutup tanah seperti paving, kayu, atau cor semen.

Dalam meletakkan taman kering didalam rumah, yang menjadi pertimbangan adalah hubungan antar ruang dalam rumah. Letakkan taman kering pada area yang berhubungan dengan ruang yang tidak mempunyai koneksi langsung dengan area luar rumah. Karena sejatinya taman kering berfungsi sebagai pengganti halaman depan dan belakang rumah. Taman bisa diletakkan berada dekat dengan ruang keluarga, ruang makan, atau dapur. Bisa juga diletakkan bersebelahan dengan ruang tidur agar ruang tidur mendapatkan udara segar dari luar.

Inspirasi taman kering pada bagian bawah tangga, sumber: pinterest

Biasanya seorang arsitek akan membuat desain yang efisien baik dalam struktur, arsitektur, maupun fungsi. Sehingga semua ruangan dalam rumah dapat menjadi sehat karena tercukupi kebutuhan akan cahaya dan udara segar.

Baca juga: Rumah Toko Modern Minimalis Rajj House – Kutai, Kartanegara, Kalimantan Timur